Cara Mengecek Air Aki Mobil

Aki atau accu merupakan salah satu komponen yang sangat penting dari sebuah kendaraan bermotor terutama mobil. Anda harus selalu memastikan air pada aki masih ada sehingga tetap bisa bekerja untuk membantu menghidupkan mobil. Banyak cara mudah mengecek air aki mobil yang bisa Anda lakukan tanpa harus menggunakan jasa bengkel.

Sebagai pemilik kendaraan roda empat tersebut hal ini perlu untuk diketahui sebab tidak semua orang bisa dengan mudah mengakses ke sebuah bengkel untuk melakukan pengecekan sewaktu-waktu. Terlebih jika situasinya tidak memungkinkan dan lokasi bengkel tersebut juga cukup jauh maka Anda bisa melakukannya sendiri.

Pemeriksaan ini tentunya berlaku untuk jenis aki basah yang di dalamnya berisi cairan elektrolit yang dapat membantu menghantarkan listrik sehingga dapat menghidupkan mobil. Jangan sampai tiba-tiba cairan tersebut habis sehingga menghambat kinerja mobil.

mengecek air aki mobil

Cara Mudah Mengecek Air Aki Mobil

Dalam penggunaan kendaraan roda empat Anda wajib selalu mengecek setiap komponennya termasuk air pada aki. Terdapat cara mudah mengecek air aki mobil yang perlu Anda ketahui untuk memastikan kondisi mobil tetap dalam keadaan prima. Anda tentu sudah paham jika komponen ini tidak dalam kondisi baik otomatis mobil tidak bisa digunakan.

Solusinya tentu dengan mengganti komponen tersebut atau melakukan penyetruman sesuai dengan prosedurnya. Proses pengecekan ini dapat dilakukan secara berkala terlebih jika usia dari komponen tersebut sudah cukup lama. Agar Anda bisa mulai melakukan pemeriksaan perhatikan beberapa cara berikut ini.

1#. Periksa Di Siang Hari

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ialah memastikan proses pemeriksaannya dilakukan di siang hari. Hal ini dikarenakan pencahayaan di siang hari tentunya akan sangat terang sehingga Anda bisa lebih mudah untuk mengecek kondisi air yang ada pada komponen aki.

Namun jika terlihat kurang jelas Anda bisa menggunakan senter atau alat penerangan lain yang langsung menerangi bagian aki. Jika Anda sudah sangat paham maka cukup menggunakan alat penerangan tersebut maka hasilnya bisa terlihat tanpa harus membuka atau menggeser komponen ini.

2. Membuka Tutup Aki

Cara mudah mengecek air aki mobil berikutnya bisa dengan membuka tutup aki untuk melihat langsung sisa air yang tersedia. Untuk membuka tutupnya Anda perlu berhati-hati sebab jangan sampai air dalamnya ikut terguncang dan tumpah sehingga jumlahnya berkurang.

Jika melihat secara langsung Anda cukup kesulitan menggunakan kain bersih yang kering untuk dimasukkan ke dalam bagian aki. Tarik keluar dan lihat apakah ujung tutup tersebut akan basah atau tidak. Jika basah itu artinya kondisi air masih dalam batas normal.

isi air aki mobil

Baca juga : Jenis Aki Motor

3. Menggoyangkan Aki

Cara mudah mengecek air aki mobil yang lainnya bisa dengan menggoyangkan komponen tersebut. Bisa saja Anda tidak merasa yakin dengan beberapa proses yang sudah dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak sisa air dalam komponen ini.

Jika Anda tidak yakin setelah melakukan pengecekan dengan cara sebelumnya maka Anda bisa menggoyangkan komponen aki kemudian perhatikan garis paling atas. Pada bagian garis atas akan terlihat terdapat air di dalamnya jika kondisinya masih ada begitupun sebaliknya.

4. Membersihkan Bagian Atas Aki

Berikutnya Anda bisa membersihkan bagian atas dan terminal pada aki dari kotoran atau debu. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan terdapat benda asing yang masuk ke dalam sel aki pada saat membukanya. Anda juga bisa lebih mudah memeriksa ketinggian air dalamnya.

Proses pembersihan ini juga bisa mengurangi korosi pada bagian logam yang sering terjadi pada komponen aki. Anda bisa membersihkan kotorannya dengan lap bersih sekaligus mengecek ketinggian air di dalam aki. Hal ini termasuk cara mudah mengecek air aki mobil dengan hasil yang cukup efektif.

5. Buka Penutup Lubang Angin

Pada bagian atas akhir biasanya terdapat dua tutup yang terbuat dari plastik dengan bentuk agak kotak yang menutupi setiap lubang angin pada sel aki. Anda bisa menutup tutup tersebut dengan cara mencongkelnya secara perlahan menggunakan pisau dempul atau obeng.

Memastikan Kondisi Air Aki

Jika aki tersebut diberi label “maintenance free” maka aki tersebut tidak didesain untuk dibuka. Jika sudah berhasil terbuka Anda bisa mengecek apakah kondisi airnya masih normal atau justru sudah mulai habis. Cara mudah mengecek air aki mobil ini bisa Anda pelajari untuk memastikan kondisinya tetap baik.

Ketinggian air harus dalam posisi yang seragam sehingga bisa dipastikan kondisinya masih baik dan tetap bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Jika Anda masih ragu dengan cara ini analisa menggunakan beberapa cara sebelumnya atau melakukan beberapa cara dalam satu waktu dengan memperhatikan keamanannya.

Itulah beberapa cara mudah mengecek air aki mobil sehingga Anda tetap memastikan kondisinya bisa digunakan dengan baik. Hal tersebut perlu Anda pelajari dan coba lakukan sendiri agar tidak selalu menghubungi jasa bengkel. Jika terdapat kejanggalan pada komponen ini maka Anda bisa segera mengecek di bengkel dan kemudian menggantinya.

Tinggalkan komentar