Komponen Sistem Kelistrikan Mobil

Jika kita berbicara tentang mobil tentu saja tidak terbatas hanya di mesin saja, tapi juga berhubungan dengan komponen sistem kelistrikan mobil yang tentu saja juga harus diketahui bagi para pemilik mobil. Walaupun sifat dari kelistrikan mobil ini bukan menjadi bagian yang paling utama, namun mesin mobil memerlukan listrik yang berguna untuk menjalankan setiap fungsinya.

Kelistrikan mobil merupakan salah satu hal yang paling penting dari sebuah mobil. Dengan adanya komponen ini, semua komponen di dalam mobil tersebut dapat menyala dengan baik, mulai dari lampu mobil hingga mesin mobil.

komponen kelistrikan mobil

Sama seperti kelistrikan yang ada pada motor, kelistrikan di mobil juga mempunyai sistem, komponen bahkan skemanya sendiri. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas satu per satu tentang komponen kelistrikan mobil. Informasi ini tentu saja bisa menambah wawasan anda tentang kelistrikan yang ada di mobil.

Secara dasar sistem kelistrikan mobil ini menjadi bagian yang tidak mungkin bisa terpisah. Dimana sistem ini akan membuat banyak sekali bagian dari mobil dapat berfungsi dengan normal, misalnya saja seperti lampu-lampu, mesin dan berbagai macam fitur yang tidak kalah penting lainnya.

Selama ini mayoritas para pemilik mobil hanya tahu bahwa keberadaan dari kelistrikan di mobil dengan sederhana, yakni ditandai dengan lampu yang menyala maupun starter yang bisa berfungsi dengan normal. Padahal sebenarnya sistem kelistrikan pada mobil tidak sesederhana itu.

Baca juga : Komponen Aki Pada Kendaraan

Sistem Komponen Kelistrikan Mobil Lengkap

Yang pertama kita akan membahas dulu mengenai sistem kelistrikan mobil. Berbeda dengan motor yang memiliki sistem kelistrikan sederhana, komponen kelistrikan mobil sebenarnya cukup rumit. Hal ini karena mempunyai berbagai macam komponen sistem lainnya di dalamnya. Nah berikut adalah beberapa diantaranya.

sistem kelistrikan mobil

1#. Sistem Starter Mobil

Yang pertama adalah sistem starter mobil, dimana dengan sistem ini akan membuat mobil anda bisa menyala dengan mudah untuk kemudian dikemudikan. Nah sistem starter ini sendiri terbagi atas beberapa rangkaian listrik yang akan menghidupkan bagian cranking mesin.

Keberadaan dari cranking mesin sendiri adalah berguna untuk memutar flywheel yang nantinya akan membantu menyalakan mesin mobil. Sistem starter sendiri tidak akan bisa berjalan tanpa kehadiran dari beberapa komponen di dalamnya. Beberapa komponen tersebut adalah seperti baterai, kunci, sirkuit dan juga relay.

2. Sistem Pengapian Mobil

Berikutnya ada sistem pengapian mobil, dimana untuk sistem yang satu ini adalah sistem yang berguna untuk menyalurkan energi listrik dengan memiliki input yang bertegangan rendah.

Untuk sistem kelistrikan mobil sendiri terdiri dari beberapa sistem pengapian konvensional, pengapian translator dan juga pengapian CDI yang membangun dari sistem pengapian mobil tersebut.

3. Sistem Pengisian Mobil

Selanjutnya ada sistem pengisian mobil, dimana sistem ini memiliki komponen utama alternator yang berguna untuk mengubah gerakan dari rotasi di mobil untuk menjadi energi listrik AC.

Untuk rangkaian sistem pengisian sendiri dapat terjadi di dalam dua kondisi. Yang pertama adalah ketika kunci kontak berada pada posisi ON dan juga ketika mesin sedang dihidupkan.

4. Sistem Lampu Peringatan & Indikator Kesalahan

Sama seperti namanya, sistem ini adalah sistem yang berguna untuk memberi peringatan maupun indikator kesalahan yang terjadi pada mobil melalui lampu. Lampu yang dimaksud disini adalah lampu yang terdapat di speedometer mobil. Beberapa varian dari lampu peringatan dan juga indikator adalah seperti berikut ini:

  • Lampu ABS, berguna untuk mencegah penguncian roda ketika anda melakukan pengereman mendadak.
  • Lampu Indikator Sabuk pengaman, berguna untuk memperingatkan anda belum menggunakan sabuk pengaman dengan kencang atau benar. Selain menyala, lampu ini juga bisa mengeluarkan suara peringatan.
  • Lampu Indikator Check Engine, berguna untuk memperingatkan bahwa ada yang tidak beres terkait kondisi mobil anda.

Bagian Dari Komponen Kelistrikan Mobil

Selain sistem kelistrikan, mobil juga memiliki komponen aliran listrik yang harus diatur. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa bagian dari komponen kelistrikan mobil dan masing-masing fungsinya.

supply arus mobil

1.# Supply Arus

Komponen kelistrikan mobil yang pertama adalah Supply Arus. Dimana komponen ini berguna untuk menjadi penyuplai arus listrik ke semua bagian dari sistem kelistrikan mobil. Supply Arus sendiri juga terbagi menjadi dua jenis yakni baterai dan juga alternator.

2. Output

Berikutnya adalah output yang memiliki nama lain sebagai aktuator. Komponen ini berguna untuk menjadi aktivasi dari sistem kelistrikan mobil. Terutama untuk bodi dan juga mesin mobil. Di bodi mobil sendiri, komponen Output ini terdiri dari Motor wiper, LED, Window, Bulb dan juga washer pump.

3. Input

Komponen berikutnya ada Input yang merupakan kebalikan dari Output. Komponen yang satu ini berguna sebagai pendeteksi terhadap suatu sistem kelistrikan dari mobil. Melalui komponen ini kita jadi dapat tahu kapan kira-kira sistem kelistrikan mobil akan berjalan.

4. Wiring Harness

Komponen kelistrikan mobil yang satu ini berguna untuk menjadi media penyalur dari aliran listrik yang didapatkan dari baterai untuk disebar ke semua bagian elektrikal di mobil.

5. Sistem Control

Terakhir ada sistem control, dimana komponen ini hanya ada pada mobil yang memiliki sistem computerized. Untuk komponen kelistrikan mobil yang satu ini bisa berjalan sendiri tanpa harus menunggu perintah dari pengendara.

Nah itulah beberapa komponen kelistrikan yang ada pada mobil, semoga informasi ini bisa membantu.

Tinggalkan komentar