Jenis Aki Motor

Bagi yang memiliki kendaraan perlu memerhatikan beberapa komponen agar tetap terawat dengan baik. Salah satunya penting untuk memahami jenis aki motor yang banyak dipakai. Aki merupakan baterai penghantar listrik yang menjadi komponen penting baik untuk motor maupun mobil.

Aki sendiri memiliki peranan yang penting di antaranya sebagai penjaga keseimbangan dan penyimpanan listrik. Tanpa suku cadang yang satu ini maka kendaraan tidak dapat berjalan. Karena tegangannya yang tinggi dan kapasitas dengan berbagai pilihan aki mempunyai komponen yang dapat menyimpan listrik dengan kandungan asam sulfat di dalamnya.

jenis aki motor

Jangan Salah Pilih! Ketahui Jenis Aki yang Banyak Dipakai pada Motor

Sebagian besar lebih memilih untuk mengganti jenis aki motor dengan jangka waktu yang lama. Padahal penggantian komponen yang satu ini tidak boleh melewati waktu seharusnya dan terdapat batas tertentu. Akibatnya motor dapat rusak atau mati mendadak sehingga biaya servis bisa lebih tinggi.

Sebelum membeli sebaiknya mengetahui jenis aki yang banyak dipakai pada motor, seperti dibawah ini:

Aki Motor Basah

aki motor basah

Yang pertama merupakan jenis aki motor yang paling sering digunakan dan mudah dijumpai di bengkel. Dengan kandungan elektrolit, Aki basah mampu memaksimalkan kinerja mesin motor. Maka tidak heran jenis ini banyak digunakan karena dinilai lebih hemat penggunaan dan praktis serta jangka waktu penggunaan lebih lama.

Selain mudah ditemukan dan harganya murah, dapat pula digunakan secara berulang dengan pemeliharaan rutin. Salah satu kelemahan nya adalah harus rutin mengecek ketinggian air karena asam sulfat merupakan asam dengan sifat yang keras serta berbahaya jika jumlah. Hal ini perlu dihindari agar tidak mengakibatkan luka pada tubuh.

Baca juga : Penyebab Aki Mobil Cepat Soak

Aki Motor Kalsium

aki motor kalsium

Jenis aki motor selanjutnya adalah aki kalsium. Hampir sama dengan aki basah namun perbedaannya adalah sifatnya yang dibuat dari kalsium. Selain itu juga dari segi penyimpanan lebih baik jika dibandingkan dengan nomor pertama.

Hanya saja jenis ini kurang populer dan tak banyak yang menjualnya. Agar bisa mendapatkannya dapat dibeli secara online dengan berbagai pilihan merk dan juga harga. Perlu ketelitian saat membeli agar mendapatkan yang sesuai dan terbaik.

Aki Motor Hybrid

aki motor hybrid

Yang satu ini merupakan perpaduan dari 2 aki yaitu basah dan kalsium. Dibuat dari bahan yang ringan namun penggunaannya terbatas dan masih belum populer di masyarakat. Keunggulan hybrid yaitu umur pemakaiannya sangat lama dan lebih awet jika dibandingkan dengan yang basah.

Jika melihat kandungan kimiawi nya, aki ini merupakan hasil kombinasi aki biasa dan kalsium. Dengan demikian maka tingkat penguapan pun sangat minim tanpa perlu perawatan yang rutin. Namun anda perlu waspada beberapa hal mengenai hybrid ini.

Sepertinya jenis aki motor ini jarang ditemukan, mengingat kandungan cairan elektrolit bersifat korosif dan berbahaya untuk kulit manusia. Perawatan rutin yang bisa dengan cara menambahkan air aki agar bekerja lebih optimal dan awet. Dengan pemakaian dan waktu penggunaan Maka akan terjadi proses penguapan pada aki hybrid.

Aki Motor Maintenance Free

aki motor maintenance free

Jenis aki motor ini termasuk aki kering dan terdapat zat elektrolit seperti pada aki basah yang bermanfaat menyimpan aliran listrik. Karena cukup puas maka jenis ini bisa menjadi pilihan dan mampu membatasi uap dari asam sulfat baterai.

Tidak memerlukan pengecekan secara rutin dan dikemas rapi sehingga banyak diminati. Penguapannya lebih rendah dan pergantian air tidak perlu rutin dilakukan karena bebas perawatan. Tak perlu khawatir jika air aki belum diganti untuk waktu yang lama. Umumnya warna cenderung lebih gelap atau netral.

Lubang pengisian terletak di atasnya. Salah satu kekurangannya adalah dari segi harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya. Umurnya tidak lama dan juga penggunaan yang hanya sekali saja.

Aki Motor Gel

aki motor gel

Tipe gel dinilai sangat praktis untuk digunakan. Tinggal pasang dan dapat langsung dipakai. Keamanannya pun cukup terjamin saat digunakan karena penguapan rendah. Aki ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Pemasangannya fleksibel dengan dan kondisi apapun meskipun terbalik.

Perbedaan dengan gel konvensional adalah penggunaan larutan elektrolit pada aki lain. Pada gel ini tidak membutuhkan cairan apapun. Gel bisa mengering karena proses panjang apalagi jika dibandingkan dengan penguapan pada aki. Tidak perlu takut tumpah karena aman diletakkan meskipun dalam posisi miring.

Sebelum menentukan jenis aki motor yang akan digunakan ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu. Tidak hanya faktor kualitas, kamu juga perlu memperhatikan perawatan motor agar tetap prima. Dengan perawatan rutin maka aki juga bisa digunakan lebih lama dan awet.

Anda dapat berkonsultasi dengan ahlinya sebelum melakukan pembelian. Hubungi toko yang menjual untuk memastikan lokasi yang anda butuhkan. Dengan mengetahui jenis aki yang banyak dipakai pada motor maka dapat memilih yang tepat sesuai dengan kondisi kendaraan.

Tinggalkan komentar