Cara Isi Air Aki Basah Mobil

Sebagai pemilik mobil tentu saja kita harus sering memeriksa air aki mobil secara rutin, paling tidak kita harus memeriksa ketersediaan dari air aki mobil minimal 2 hari sekali sebelum kita mulai beraktivitas. Selain itu, sebagai pemilik kendaraan kita juga harus tahu bagaimana sih cara isi air aki basah mobil dengan benar dan aman.

Sebab aki sendiri adalah komponen yang sangat penting di dalam mobil. Karena lewat perangkat aki ini suplai dari kebutuhan listrik terhadap komponen lainnya dapat terpenuhi dengan normal. Dengan bantuan dari alternator, aki bahkan dapat menyalurkan aliran dari daya listrik ke berbagai macam komponen lainnya misalnya seperti klakson, starter mesin, kipas radiator dan juga lampu.

cara isi air aki basah mobil

Nah masalah yang cukup sering dialami pada aki ialah aki yang soak atau aki tekor. Kondisi ini bisa terjadi karena aki yang tidak memiliki kemampuan optimal untuk menyalurkan energi listrik ke dalam mobil.

Selain itu cara isi air aki basah mobil yang baik juga bisa berpengaruh, terlepas dari perlakuan kendaraan yang salah. Salah satu hal yang membuat aki tekor dan paling sering terjadi adalah karena pengguna tidak pernah melakukan pengecekan terhadap kondisi air aki.

Cek Air Aki Mobil Secara Rutin

Untuk itu, paling tidak minimal 2 hari sekali sebelum anda mulai berkendara anda harus bisa memeriksa kondisi dari aki kendaraan terlebih dahulu. Jika ternyata air aki sudah mulai berkurang, sebaiknya anda harus segera menambahkan air aki dengan yang baru. Namun sayangnya kebanyakan dari pengendara jaman sekarang tidak tahu bagaimana cara isi air aki basah dengan benar.

Akibatnya sering terjadi air aki yang habis sehingga membuat aku menjadi soak atau tekor dan membuat harus digantinya aki tersebut dengan aki yang baru. Untuk itu pada postingan kali ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana sih cara isi air aki basah dengan benar.

Cara Isi Air Aki Basah Mobil Dengan Benar Dan Aman

1.# Siapkan Obeng (-) Untuk Membuka Aki

Langkah pertama cara isi air aki basah mobil yakni mempersiapkan obeng (-) atau obeng minus dengan ukuran besar terlebih dahulu guna membuka penutup dari sel aki. Jika tidak ada obeng, anda masih bisa menggunakan benda pipih yang kuat lainnya seperti gunting atau pisau.

aki basah mobil

Baca juga : Jenis Aki Mobil

2. Cek Ketinggian Aki Terlebih Dahulu

Berikutnya sebelum anda membuka penutup aki, lebih baik anda harus mengecek volume dari air aki terlebih dulu. Hal ini bertujuan agar anda bisa mengestimasikan berapa kebutuhan dari air aki yang harus diisi di dalam aki. Dengan begitu anda akan terhindar dari membeli air aki dengan jumlah yang kurang.

3. Siapkan Air Aki Basah

Langkah selanjutnya anda siapkan air aki basah yang bisa anda beli dari bengkel-bengkel umum. Anda bisa membeli air aki basah tersebut dengan harga mulai dari 5 hingga 10 ribu per botol.

Sebagai informasi, jika kekurangan air aki hanya sedikit dibawah dari garis lower level, anda hanya memerlukan 1 botol air aki saja. Tapi jika ternyata kondisi air aki sudah kosong, anda akan memerlukan paling tidak 3 botol air aki.

4. Lepas Terminal Negatif Baterai Terlebih Dahulu

Ketika semua alat dan juga bahan telah disiapkan, anda dapat langsung mengisi air aki. Namun supaya lebih aman, paling tidak anda harus mematikan sistem kelistrikan mobil terlebih dulu.

Untuk mematikan sistem kelistrikan mobil, anda bisa melepas terminal negatif dari aki. Untuk dapat melepaskannya, anda membutuhkan kunci 10 agar dapat mengendorkan mur dari terminal aki.

air aki basah

5. Letakkan Kain Lap Guna Mencegah Air Aki Tumpah

Agar lebih aman lagi, anda bisa meletakan kain lap yang sudah tidak terpakai di sekitar aki agar mencegah air aki tumpah kemana-mana. Gunakan juga sarung tangan ketika melakukan pengisian air aki agar lebih aman.

6. Buka Penutup Sel Aki

Selanjutnya anda juga harus membuka sel penutup aki dengan obeng, penutup aki ini terdapat di bagian atas mirip kepala sekrup yang ada di coakan bergaris. Di coakan ini anda bisa menyisipkan obeng maupun benda pipih lainnya agar bisa memutar penutup aki.

7. Isi Air Aki Dari Botol Sampai Batas

Berikutnya anda bisa menuangkan air aki dari botol ke aki dengan hati-hati. Anda bisa menggunakan corong khusus yang biasanya tersedia dari botol aki untuk memudahkan anda dalam proses pengisian air aki.

Tapi jika tidak ada, anda harus menuangkannya secara manual dengan hati-hati supaya air aki tidak tumpah kemana-mana. Perlu diingat jika air aki ini memiliki sifat korosif sehingga dapat membuat tangan menjadi melepuh atau material plastik meleleh.

8. Tutup Semua Sel Air Aki

Langkah terakhir setelah selesai melakukan pengisian air aki, anda hanya perlu menutup semua sel aki. Namun sebelum menutup aki, lebih baik anda membersihkan tutup aki tersebut terlebih dahulu.

Hal ini karena di dalam tutup aki tersebut ada ventilasi yang menjadi pintu dari penguapan ketika reaksi kimia sedang berlangsung. Jika ventilasi ini mampet, aki tentu saja dapat melembung dan berpotensi membuat aki menjadi meledak.

Nah itulah bagaimana cara isi air aki basah mobil dengan benar dan aman, semoga informasi ini bisa membantu.

Tinggalkan komentar